Serunya Kegiatan Ibu Sahabat Quran Nusantara (ISQN) Di Lampung Timur

  • rqvor 

Assalamualaiku Sahabat Violet.

Kali ini saya akan membahas kegiatan apa saja sih yang terdapat di ISQN? Sebelum itu kalian tau nggak sih ISQN itu apa? ISQN atau Ibu Sahabat Quran Nusantara yang merupakan salah satu kegiatan yang berada di RQV Indonesia. ISQN merupakan kegiatan perkumpulan yang dilakukan para ibu-ibu dalam melakukan beberapa kegiatan, seperti: Tahsin, Tilawah, Membaca Al-Quran, Menghafal Al-Quran dan masih banyak lagi kegiatan yang dilakukan.

Kegiatan ini tersebebar di berbagai pulau nusantara, kali ini kegiatan ISQN terletak Lampung Timur. Tahsin itu merupakan kegiatan untuk penyempurnaan lafaz pada setiap huruf Al-Quran dalam pengucapan hokum hubungan di antara hururf dengan huruf yang lain seperti ihkfa, idgam dan lainnya.

Tilawah itu sendiri merupakan pembacaan ayat-ayat Al-Quran yang dilakukan dengan baik dan indah, tilawah cenderung ditunjukan kepada ayat-ayat al-Quran karena di dalamnya terkandung makna mempercayai dan mengikuti apa yang dibaca dimana hal ini hanya dapat diaplikasikan kepada Al-Quran sebagai kitab suci.

Membaca dan menghafal Al-Quran merupakan suatu yang wajid dilakukan bagi umat muslim di seluruh dunia, karena Al-Quran merupakan suatu petunjuk hidup yang telah di ajarkan oleh Nabi Muhammad SAW. Allah SWT berfirman, “Sesungguhnya Kami-lah yang menurunkan Al-Qur`an, dan sesungguhnya Kami pula yang akan benar-benar memeliharanya. (QS Al-Hijr [15]: 9)

Tanpa adanya hafalan Al-Qur`an, seseorang tidak akan pernah tahu apa yang diperintahkan dan dilarang oleh agama, jiwanya tidak akan pernah terisi oleh ruh ajaran agama. Rasulullah saw bersabda, “Orang yang tidak mempunya hafalan Al-Qur`an sedikit pun adalah seperti rumah kumuh yang mau runtuh.” (HR Tirmidzi).Berikut ini merupakan keutamaan membaca Al-Quran :Akan di angkat derajat oleh Allah SWT>

  1. Menjadi syafaat pada hari kiamat.
  2. Hidup bersama para malaikat dan mendapatkan dua pahala bagi yang belum mahir membacanya.
  3. Membaca satu huruf akan mendapatkan sepuluh pahala kebajikan.
  4. Mendapatkan ketenangan dan rahmar dari Allah SWT.
  5. Khatam Al-Quran merupakan amalan yang paling dicintai oleh Allah SWT.
  6. Akan mendapatkan shalawat dan doa dari malaikat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *