trobosan baru rqv indonesia mengubah pemuda majene menjadi insan qur’ani

  • rqvor 

RQVnews, Sulawesi – Pemuda adalah simbol kekuatan hingga Presiden Soekarno pun mengakui “Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia.”

Pengakuan Soekarno tersebut mengartikan bahwa jika dengan hanya 10 pemuda saja mampu membawa perubahan besar bagi bangsanya, sungguh lebih dahsyat daya ledak yang dihasilkan untuk kesejahteraan negara jika semua pemuda sadar bahwa dirinya adalah tulang punggung bagi bangsa dan melakukan banyak pergerakan positif demi membangun negeri.

Seperti halnya di Majene, Sulawesi Barat, pemuda disana aktif dalam kegiatan Islami bersama RQV Indonesia.

PSQ (Pemuda Sahabat Qur’an) adalah salah satu program dari RQV Indonesia untuk memberdayakan pemuda-pemuda Nusantara bersama Al-Qur’an. Kegiatan bermanfaat yang mereka lakukan bermacam-macam, selain kegiatan rutin seperti belajar Tahsinul Qur’an yakni memperbaiki makharijul huruf dengan buku tahsin dari RQV Indonesia, “The Violet 4T Method”, Ngaji bareng, menghapal Qur’an dan public speaking, mereka juga aktif menjadi Relawan Muda Qur’an yakni menjadi sebaik-baik manusia sesuai hadis berikut 

عَنْ عُثْمَانَ – رضى الله عنه- عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- قَالَ «خَيْرُكُمْ مَنْ تَعَلَّمَ الْقُرْآنَ وَعَلَّمَهُ» رواه البخاري

Artinya: “Ustman bin Affan radhiyallahu ‘anhu berkata: “Bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Sebaik-baik kalian adalah yang belajar al-Quran dan mengajarkannya.” (Hadits Riwayat Bukhari)

Pemuda dengan rentang usia berkisar 16-30 tahun adalah usia produktif, artinya seseorang yang berada dalam usia tersebut dapat berperan aktif dan berkontribusi untuk bangsa dan agamanya. Di Majene, Sulawesi Barat tercatat ada 80 orang pemuda yang bergerak untuk umat dibawah naungan RQV Indonesia. Mereka aktif menggelar berbagai acara-acara berbasis Al-Qur’an seperti menggalang dana untuk ASQ (Anak Sahabat Qur’an) dan mengajar anak-anak penghapal Qur’an RQV Indonesia yang ada di Majene, Sulawesi. Selain didaerah Majene, ada juga pemuda RQV Indonesia dari Toraja, Sulawesi Selatan.

Bupati Majene, DR Fahmi Massiara sangat mendukung program RQV Indonesia, beliau berharap program ini terus berlanjut agar pemuda, anak-anak bahkan ibu-ibu dapat merasakan indahnya hidup dan bergerak bersama Al-Qur’an.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *