Keseruan Anak Sabahat Qur’an Bemurajaah Sambil Menikmati Alam di Porsea, Danau Toba

Keseruan Anak Sabahat Qur’an Bemurajaah Sambil Menikmati Alam di Porsea, Danau Toba

Pada tanggal 08 Desember 2019 di Pinggiran Danau Toba, Bulanp mulai menyembunyikan wajah cantiknya, hingga kokokan ayampun kian terdengar oleh telinga, menggema memecah heningnya subuh hari yang dingin itu.  Santri RQV 412 sudah siap melaksanakan shalat subuh berjamaah dan menjalankan rutinitas setiap hari Minggu, bukan pergi ke Gereja seperti saudara-saudarinya disana, tetapi rutinitas untuk menghafal Quran di masjid Nurul Hidayah Porsea, bagi mereka menghafal Al-Quran adalah hal yang sangat ditunggu, karena bagi mereka menghafal  Quran adalah hal sesuatu yang menyenangkan,  santri RQV 412 melakukan shalat subuh dan setelah itu murajaah, dan terkadang mereka mentadaruskan Al-Qur’an yaitu surah surat Al-Qur’an yg ingin mereka murajaahkan.

Mereka tidak peduli dengan dingin nya suasana subuh di Pinggiran Danau Toba sana,  rasa ngantuk yang menerpapun mereka lawan sekuat mungkin demi untuk menjadi seorang hafidz-hafidzah di Daerah dimana Muslim jumlahnya sedikit ini. Pagi hari merekapun mereka mulai dengan menghafal Quran, atau murajaah sambil menikmati indahnya Alam sekitar.  Mereka dibina oleh seorang ibu yg ikhlas dan baik hati, yaitu bu Sandra atau lebih dikenal Bu fizhah. Walaupun beliau berdagang, tapi beliau selalu menyempatkan hadir untuk membina santri dengan modal ketulusan dan keikhlasannya padahal setiap ibu sandra mengajar kadang tak sepeserpun didapatkan.. iyaa makanya modalnya cuman ketulusan dan keikhlasan dan bayarannya adalah senyum semangat yang merekah ketika anak-anak disana mulai menghafalkan 1-2 ayat AnNaba atau surat-surat pendek di Juz 30 lainnya.

Setelah santri melaksanaka pengajian, para santri di ajak untuk berdiskusi beberapa informasi mengenai hafalan al-qur’an dan pengalaman menghafal al-qur’an. setelah itu santri
melakukan Jalan Bareng ‘Jabar’, keseruan pun datang, dengan berbincang, bercanda gurau sambil menikmati kekayaan alam sekitar. Selain itu, santri biasanya melaksanakan murajaah sambil jalan bersama.

Keseruan tersebut tidak sampai disini. Setelah sampai di rumah Bu Fizhah, para santri pun bergegas untuk menyiapkan bahan-bahan dan peralatan yang dibutuhkan untuk memasak bersama, dan menikmati hasil masakan yang dibuat untuk para santri dan duta dakwah. Setelah makanan dan keseruan yang berlalu, sebelum pulang para santri membersihkan peralatan yang sudah digunakan dan berdoa sebagai tanda syukur kepada Allah SWT yang telah memberikan keseruan membaca dan menghafal qur’an dengan menikmati kekayaan-Nya.
Ah serunya.. indahnya.. walaupun hidup di daerah dengan penduduk muslim yang sangat sedikit, tapi ukhuwah tak akan kalah dengan saudara-saudarinya di belahan bumi lainnya 🙂 inilah sepenggal kisah dari Toba, semoga bisa membawa inspirasi bagi saudari-saudari Muslim lainnya yang berbahagia 🙂

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Contact

  • Kantor Pusat : Menara 165 Lantai 4Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560
  • Kantor Operasional : Rukan Sentra Office Blok D No. 3, Jl. Boulevard Raya Barat, RT.004/RW.019, Jaka Setia, Kec. Bekasi Sel., Kota Bekasi, Jawa Barat 17147
  • Tel. : +62182741111
  • WA : +6281-199-1240
  • Mail : care@rqv.or.id

Instagram Feed

[instagram-feed]

©2020. RQV INDONESIA. All Rights Reserved.