Gebyar Wisuda Tahfizhul Quran Berkarakter PTQB RQV Indonesia Angkatan Ke II

  • by

RQV Indonesia – RQV Indonesia menggelar acara Gebyar Wisuda Tahfizhul Qur’an Berkarakter bagi peserta Pelatihan Tahfizhul Quran Berkarakter (PTQB) RQV INDONESIA angkatan kedua yang telah menyelesaikan masa pelatihannya selama 500 hari. Dalam rangkaian acara yang dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut, RQV Indonesia menghadirkan penyanyi religi ternama yakni Fajar Maulidi pada (23/12/2019) di acara Pembuka Road to Wisuda Tahfizhul Quran Berkarakter dengan tema “Solawat Bahagia”. Fajar Maulidi membuka rangkaian acara Wisuda kali ini dengan lantunan merdu lagu solawat andalannya yang sedang populer saat ini “Rabbumbilamisalim” dan mampu menghibur dan mengajak seluruh hadirin untuk bersolawat bersama pada event tersebut. Para Duta Dakwah, Srikandi dan Anak Sahabat Qur’an RQV Indonesia beserta wali santri sangat antusias dengan acara di hari pertama, masyarakat sekitar pun juga ikut merasa terhibur.

Rangkaian acara kedua dilanjutkan dengan test hafalan (Sidang Munaqasyah) yang diikuti oleh 73 peserta, yakni 46 orang dari RQV ASQ (Anak Sahabat Qur’an), 17 orang Duta Dakwah dan 10 orang Srikandi RQV Indonesia mengikuti Sidang Munaqasyah yang dilaksanakan selama 2 hari berturut dimulai pada tanggal 24 sampai 25 Desember 2019. Sidang Munaqasyah adalah salah satu syarat ujian Tahfidz Qur’an dengan membacakan hafalannya didepan semua hadirin acara Munaqasyah agar dapat mengikuti Wisuda dan Tasyakuran pada tanggal (26/12/2019)  sebagai acara puncak dan menjadi hari yang bersejarah bagi peserta pelatihan Tahfidzul Qur’an Berkarakter bagi peserta angkatan kedua

Puncak acara dilaksanakan pada 26 Desember 2019 bertepatan dengan hari peringatan Tsunami sebagai refleksi dan bentuk rasa syukur Founder RQV Indonesia kare telah diselamatkan oleh Allah SWT ketika bencana Tsunami melanda. Acara puncak ini dihadiri oleh Walikota Bekasi Dr. Rahmat Effendi, Prof. K.H. Didin Hafidhuddin, M.Sc dan Dr. dr. Muhammad Yamin Sp.JP (K), FACC, FSCAI sebagai penasehat RQV Indonesia, juga turut hadir Nafidz Razak, tokoh sekaligus pengusaha kawakan dari Malaysia serta para donatur RQV Indonesia.

Acara wisuda kali ini meluluskan 8 orang peserta putri (red: Srikandi) PTQB RQV INDONESIA yang telah berhasil menghafalkan Al-Quran 30 Juz, serta 2 Peserta yang mengikuti tasyakuran dengan kategori hafalan 15 Juz ke atas. Juga para peserta putra (red : Duta Dakwah) yang mengikuti tasyakuran hafalan dari kategori 5 Juz hingga 12 Juz.

Acara Puncak Wisuda Tahfizhul Quran Berkarakter kali ini berlangsung begitu khidmat dan mengharukan, terlebih ketika prosesi wisuda dilaksanakan membuat tangis haru dan bahagia pecah pada acara Wisuda Tahfizhul Quran berkarakter. Terlebih lagi ketika para Wisudawan 30 Juz menyematkan mahkota kepada orang tuanya, tangispun pecah tak tertahankan di seantero tempat prosesi wisuda dilaksanakan. Prosesi penyematan mahkota ini dilakukan sebagai simulasi kecil dari hadits yang menyatakan bahwa orang tua yang anaknya menghafal Al-Quran akan diberikan simbol kehormatan dan kemuliaan di depan umat manusia di akhirat kelak.

Dalam acara ini, Sultan Muda Azmi Fajri Usman selaku Presiden RQV Indonesia berharap usai dari pelatihan ini anak-anak tetap menjadi sebaik-baik manusia yakni yang belajar dan mengajarkan Al Qur’an. Seluruh hal yang didapatkan di PTQB RQV INDONESIA tetap terus dilakukan dimanapun berada mulai dari bangun jam 02.00 pagi, shalat malam, membaca, menghafal dan mentadabburi Al Qur’an harus tetap dijaga.

Sultan Muda Azmi Fajri Usman juga menyampaikan bahwa Duta Dakwah dan Srikandi PTQB RQV INDONESIA harus menjaga keistiqomahan dalam hidup bersama Al Qur’an, karena kalian tidak hanya dididik dan dilatih untuk diri kalian sendiri, tapi juga bergerak untuk masyarakat dan berperan aktif dalam memajukan Indonesia dengan mengamalkan dan mengajarkan Al-Quran yang berasakan Pancasila dan bernafaskan Nasionalisme. Dengan begitu para Duta Dakwah dan Srikandi RQV Indonesia menjadi penghafal Al Qur’an yang produktif dan bisa berkarya dan berkontribusi bagi bangsa dan negara kita tercinta Indonesia.

RQV Indonesia berharap dengan hadirnya para Wisudawan Penghafal Quran Berkarakter ini dapat mempercepat tercapainya Misi RQV INDONESIA dalam membangun Seribu Kampung Qur’an Nusantara dan melahirkan 5 juta Penghafal Al Qur’an Produktif di Nusantara.

Kontak

Hotline : 0811-991-240
Whatsapp : 0811-991-240
Email : care@rqv.or.id

Alamat

Menara 165 Lantai 4 Jl. TB Simatupang Kav. 1, Cilandak Timur, Pasar Minggu, Jakarta Selatan 12560

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *