Indahnya Ramadhan Saling Memberi dan Berbagi

Ramadhan adalah bulan yang paling dinantikan, bulan penuh berkah dan ampunan ini sangat ditunggu oleh umat msulim didunia.

Meski Ramadhan di tahun 2020 kita mengalami sedikit berbeda dari tahun-tahun sebelumnya karena wabah Covid-19, semoga segera usai dan Allah jauhkan.

 

Berbagi adalah sebuah hal yang tak asing ditelinga masyarakat terlebih dibulan Ramadhan, setiap insan akan terus berlomba-lomba dalam kebaikan. Tak perlu banyak atau berlebihan cukup seperti berbagi takjil, menu buka puasa atau sahur atau bahkan baju lebaran untuk yang membutuhkan, bisa juga dengan berdonasi untuk mereka-mereka para penghafal Qur’an.

 

Sebab pahala berbagi akan terus mengalir meski sang pemberi sudah tiada, di Ramadhan bulan yang suci nan indah ini memberi sangat dianjurkan oleh Rasulullah dan beliau adalah orang yang sangat dermawan.

 

Hal ini diceritakan oleh Ibnu Abbas radhiallahu’anhuma:

“Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam adalah orang yang paling dermawan. Dan beliau lebih dermawan lai dibulan Ramadhan saat beliau bertemu dengan Jibril. Jibril menemuinya setiap malam untuk mengajarkan Al Qur’an. Dan kedermawaan Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam melebihi angin yang berhembus.” (HR. Bukhari no.6)

 

Dari hadist di atas diketahui bahwa Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam pada dasarnya adalah seorang yang sangat dermawan. Ini juga ditegaskan oleh Anas bin Malik radhiallahu’anhu.

Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa salam adalah orang yang paling berani dan paling dermawan.” (HR. Bukhari no. 1033, Muslim no. 2307).

 

Ramadhan adalah bulan special dan momen terbaik untuk bisa berbagi dan memberi sebab bulan ini sangat istimewa di mana pada bulan Ramadhan terdapat malam Lailatul Qadr yaitu malam seribu bulan, Ma shaa Allah.

 

Akan tetapi jangan menantikan datang bulan Ramadhan untuk berbagi, setiap hari adalah hal yang baik untuk bersedekah, memberi juga berbagi namun ketika tibanya bulan Ramadhan perbanyaklah berbagi juga memberi kepada mereka yang membutuhkan agar Allah sayang pada hamba-hamba yang mempunyai sifat dermawan dalam dirinya.

 

Yuk saling memberi dan berbagi di bulan yang baik ini, memberikan senyuman kepada mereka yang tengah bersedih, membahagiakan orang lain akan mendapatkan pahala dan jangan tunggu kesempatan kita berakhir sebab ajal tak ada seorangpun yang tahu kapan ia akan datang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Contact

Instagram Feed

[instagram-feed]

©2020. RQV INDONESIA. All Rights Reserved.