PERSIAPAN UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DITENGAH PANDEMI VIRUS CORONA

PERSIAPAN UNTUK MENYAMBUT BULAN SUCI RAMADHAN DITENGAH PANDEMI VIRUS CORONA

Tak terasa kita sudah memasuki bulan April 2020, itu berarti dalam hitungan hari kita akan menuju bulan suci yaitu Bulan Suci Ramadhan 1441 H. Bulan Ramadhan adalah bulan yang sangat dinantikan bagi Umat Islam di setiap tahunnya, bulan penuh rahm     

              at dan ampunan. Maka dengan berbagai keistimewaannya inilah kita dianjurkan bergembira dan bersukacita dalam menyambutnya. Sebab kegembiraan menyambut Bulan Ramadhan itu juga menjadi salah satu tanda keimanan seorang Muslim.

Namun, Ramadhan tahun ini nampaknya berbeda. Sebab diwarnai dengan pandemi Covid-19 yang masih belum bisa dikendalikan. Bahkan permodelan yang dibuat oleh Pemerintah serta beberapa penelitian lain menyebutkan puncak penyebaran Covid-19 akan terjadi saat Ramadhan. Kondisi ini pasti merupakan ujian berat bagi kita semua, tetapi harus tetap kita jalani bersama. Tapi, ada atau tidaknya pandemi ini, Ramadhan harus tetap dapat dimaknai sebagai Bulan Suci yang membawa banyak keberkahan.

Walau demikian, di tengah situasi sulit seperti ini, kita tetap harus mempersiapkan diri dalam menyambut datangnya Bulan Ramadhan. Salah satunya dengan melakukan persiapan fisik, dapat dilakukan diantaranya dengan mengatur pola hidup sehat, rajin berolahraga, makan makanan yang sehat dan bergizi, istirahat yang cukup, selalu berfikir positif, serta perbanyak sholat sunnah, agar saat Ramadhan nanti kita akan terbiasa menjalaninya. Selain itu kita harus mempersiapkan mental juga penting, dengan memperdalam ilmu agama, terutama berkaitan tentang Ramadhan, lalu membuat targetan amalan yang akan dikerjakan selama Ramadhan nanti.

Karena Ramadhan adalah bulan yang di dalamnya banyak keutamaan dan melimpah keberkahan, sayang jika dilalui begitu saja tanpa produktivitas tinggi yang penuh arti. Melakukan kegiatan-kegiatan yang menyenangkan seperti, dengan membaca buku, menulis, mendengar tausyiah, mengikuti kajian lewat online, membuat karya yang menarik, dll. bisa menjadi alternatif untuk mengisi waktu kita selama Ramadhan #DiRumahAja, tentu yang paling utama memperbanyak amal ibadah kepada Allah SWT. Dengan ruang terbatas di tengah pandemi Covid-19 bukan menjadi alasan untuk kita melakukan banyak kemalasan dan kemubadziran. Dan ini adalah langkah teraman agar kita tidak begitu merasa terisolasi dan sebagai langkah pencegahan untuk melindungi semua orang dari penularan Covid-19.

Sekali lagi, Bulan Ramadhan adalah bulan yang penuh dengan pahala kebaikan, dimana untuk mendapat pahala tersebut kita harus menguatkan iman kita, agar bisa melakukan banyak amalan kebaikan. Melakukan ibadah, baik yang wajib maupun sunnah, mulai dari sholat wajib, tarawih, tilawah, dzikir, sedekah, dan memperluas wawasan keislaman. Dimana tujuan akhir dari itu semua adalah untuk mencapai derajat takwa. Dari Abu Hurairah Radhiallahu ‘Anhu bahwa Rasulullah Shalallahu ‘alaihi wasallam bersabda: “Barangsiapa berpuasa Ramadhan atas dasar iman dan mengharap pahala dari Allah, maka dosanya yang telah lalu akan diampuni” (HR. Bukhari dan Muslim).

Oleh karena itu, mari kita selaku kaum Muslimin senantiasa membersihkan jiwa maupun raga. Dengan terus meningkatkan kualitas keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT. Jadikan Bulan Ramadhan kali ini sebagai momentum refleksi dan muhasabah diri atas apa yang dilakukan sebelas bulan kebelakang. Dan mungkin dengan adanya wabah ini, Allah mengisyaratkan kita sebagai kaum Muslimin untuk lebih banyak waktu dalam mendekatkan diri dan memperbanyak ibadah kepada-Nya. Mari kita berdo’a semoga pandemi Covid-19 ini segera berlalu, agar kita bisa menjalani Ramadhan dengan tenang dan khusyu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

RQV Indonesia adalah Lembaga Nasional yang bergerak di bidang Pendidikan – Sosial – Kemanusiaan dengan lebih dari 30.000 penerima manfaat di seluruh Indonesia.

Contact

Instagram Feed

[instagram-feed]

©2020. RQV INDONESIA. All Rights Reserved.